Senin, 30 April 2012

Melihat Satwa di Taman Satwa Cikembulan

Sudahkah Anda tahu atau paling tidak pernah mendengar objek wisata di Garut bernama Taman Satwa Cikembulan? Mengapa ditanyakan demikian? Mengingat keberadaan tempat wisata yang menyimpan potensi ini berada di sebuah desa kecil di Kadungora dan belum banyak diketahui oleh orang luar Garut. Padahal, Taman Satwa Cikembulan menyimpan aneka potensi wisata binatang yang potensial.
Tujuan dibuatnya taman satwa ini ialah untuk mewujudkan masyarakat desa wisata secara terpadu dengan objek wisata yang lainnya: Situ Cangkuang. Di taman ini ada setidaknya 159 satwa dengan sekitar 40 spesies yang bisa Anda eksplorasi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati aneka sajian kuliner khas sunda, sarana untuk bermalam bahkan pendopo untuk menggelar pertemuan yang bisa sampai menampung 100 orang.
Taman satwa ini tampak begitu indah dan cukup sejuk karena berdekatan dengan Gunung Haruman yang terkenal sebagai tempat untuk olahraga ekstrem Paragliding. Hampir secara keseluruhan keindahan dan eksotisme Gunung Haruman ini bisa disaksikan dari taman satwa. Sehinga pengunjung selain bisa menyaksikan berbagai satwa yang menjadi koleksi di taman ini, juga bisa menghirup udara segar dan keindahan puncak Haruman.
Beberapa hewan yang ada disini antara lain beruang, rusa, babi hutan, reptilia seperti buaya, burung Garuda serta kelompok primata (kera). Suasana di taman satwa ini sangat menyejukkan karena dikelilingi oleh hijaunya hamparan persawahan penduduk sekitar. Anda dipastikan akan benar-benar menikamati setiap hembusan angin yang menerpa. Sungguh suasana alam pedesaan yang banyak didamba oleh orang-orang perkotaan yang sukar menemukan nuansa pedesaan yang masih alami dan sejuk.
Lokasi
Taman Satwa Cikembulan berada di Kecamatan Kadungora, Garut- Jawa Barat dan berdekatan dengan Gunung Haruman.
Selamat Berkunjung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar